Hi Warga Bank Saqu,
Bank Saqu, layanan perbankan dari Astra Financial dan WeLab, bersama Ideafriends (bagian dari ekosistem kreatif Ideafest – Samara Group), melanjutkan rangkaian roadshow Solopreneur Academy 2025 di kota Bandung.
Roadshow kedua tahun ini, para solopreneur yang bergelut di bidang Creative, Art & Craft didukung penuh dengan adanya speakers seperti Fakhruddin Ar Razi, Managing Director Mahavisual, dan Irvine Jasta, illustrator independen dan pendiri BBQ Ride. Ada juga Alumni Solopreneur Academy 2024, Fadhilah, pendiri Manique.co, juga Willy Apriando, Head of Marketing & Branding Bank Saqu. Semuanya berbagi ilmu, insight, dan pengalaman seru seputar dunia bisnis kreatif.
Sebagai mentor Creative, Art & Craft di Solopreneur Academy 2025, Fakhruddin Ar Razi sharing soal pentingnya membangun pola kerja teratur sejak awal, terutama bagi pelaku usaha kreatif independen. “Banyak seniman bekerja sendiri tanpa sistem kerja yang jelas. Jika ingin bertahan, mulailah dari langkah sederhana seperti buat catatan kerja, atur ritme produksi, dan seimbangkan waktu dengan manajemen keuangan. Dengan disiplin dan konsistensi, profesionalisme bisa tumbuh bahkan dari skala kecil,” ujarnya.
Sementara Irvine Jasta tampil dengan pendekatan artistik yang penuh eksperimental dengan karya helm lukisnya dan bagaimana caranya berkarya di luar medium biasa. “Buat saya, karya harus itu harus tetap personal, tetapi juga bisa menjangkau banyak orang. Konsistensi dan eksplorasi adalah kunci bertahan. Keberlanjutan karier sebagai kreator independen juga bergantung pada kemampuan memonetisasi karya dengan tepat, membangun pasar yang menghargai nilai orisinalitas,” jelasnya.
Alumni Solopreneur Academy 2024, Fadhilah, memperkaya esensi menjadi solopreneur dengan networking yang terbuka karena adanya program ini. “Aku memulai usaha dari skala kecil. Lewat Solopreneur Academy, networking aku makin terbuka, bisa bertemu banyak solopreneur dengan visi yang sama, dan dari situ lahir berbagai kolaborasi. Sekarang, Manique.co tumbuh sebagai brand aksesoris inklusif dengan cerita personal yang kuat, siap menjangkau lebih banyak orang,” papar Fadhilah.
Kesuksesan Solopreneur Academy 2024 di Jakarta, serta antusias roadshow sebelumnya di Surabaya membuat Bank Saqu melihat Bandung dengan kekuatan ekosistem kreatif yang solid, populasi generasi muda yang besar, serta potensi pelaku seni yang terus berkembang. Willy Apriando, Head of Marketing & Branding Bank Saqu menyampaikan, “Melalui Solopreneur Academy 2025, Bank Saqu siap menjadi teman seperjuangan bagi para solopreneur. Dengan memberikan pelatihan dan dukungan strategis, kami berupaya agar mereka dapat tumbuh secara berkelanjutan, menjadikan usaha mereka tidak hanya sukses, tetapi juga membawa perubahan positif bagi komunitas dan Indonesia.”
Program Solopreneur Academy 2025 sendiri di-design bukan sekadar berfokus pada pengembangan skill teknis, tetapi juga pada aspek manajemen bisnis, literasi keuangan, strategi personal branding sampai pengembangan networking. Bank Saqu percaya kalau solopreneur kreatif gak cukup punya karya yang kuat, tetapi juga dukungan komunitas, pemahaman literasi keuangan, dan kemampuan beradaptasi agar tumbuh dan relevan dalam industri yang terus berubah.
Setelah dapat pelatihan dan mentoring, peserta Solopreneur Academy 2025 bakal presentasiin strategi bisnis mereka ke juri di September nanti. Pemenangnya akan mendapatkan modal usaha plus dukungan promosi dan pemasaran dari Bank Saqu. Selain program, Bank Saqu juga punya produk keren buat bantu solopreneur kelola keuangan, seperti Tabungmatic, Busposito, Undang Teman, dan Saku Kredit.
Mau tahu lebih lengkap soal Solopreneur Academy 2025 dan cara daftar? Cek di https://bit.ly/SolopreneurAcademy2025