Kembali
    • Personal
    • Bisnis
    • Promo & Partner
      • Promo
      • Partner
    • Tentang
    • Berita & Blog
      • Berita
      • Blog
    • Bantuan
    Download App
    logo
    logo
    • Tentang
    • Bantuan
    Back

    Kebijakan Privasi

    Kebijakan Privasi 

    Versi: 3.0 
    Tanggal Efektif: 28 Mei 2025 

    A. Pendahuluan 

    Kebijakan Privasi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Bank Saqu. 

    PT Bank Saqu Indonesia yang memiliki layanan perbankan digital dengan nama Bank Saqu (untuk selanjutnya disebut sebagai “Bank Saqu” atau “Kami”) memahami pentingnya pelindungan Data Pribadi yang diatur dalam Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (untuk selanjutnya disebut sebagai “UU PDP”) maupun dalam (i) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 22 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan (untuk selanjutnya disebut sebagai “POJK Pelindungan Konsumen”) dan (ii) Peraturan Bank Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen Bank Indonesia (untuk selanjutnya disebut sebagai “PBI 3/2023”), beserta peraturan pelaksanaannya dan perubahannya dari waktu ke waktu. 

    Oleh karena itu, Kami berkomitmen untuk melaksanakan ketentuan UU PDP, POJK Pelindungan Konsumen dan PBI 3/2023 beserta peraturan-peraturan terkait maupun peraturan pelaksanaanya demi menjaga kerahasiaan dan memastikan pelindungan Data Pribadi Anda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

    Dalam konteks Kebijakan Privasi ini, “Data Pribadi” berarti data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik yang dimaksud dalam UU PDP, peraturan terkaitnya, serta Bagian C Kebijakan Privasi ini, yang termasuk namun tidak terbatas pada data perseorangan yang tercantum dalam kartu identitas yang dapat mengidentifikasi seseorang (termasuk foto Anda), nomor telepon, alamat email, data keuangan pribadi (termasuk rincian bank, kartu kredit, dan data transaksi), alamat email, serta tanggal dan tempat lahir Anda. 

    Sesuai ketentuan UU PDP, Pengendali Data Pribadi adalah setiap orang, badan publik, dan organisasi internasional yang bertindak, sendiri-sendiri atau bersama-sama dalam menentukan tujuan dan melakukan kendali pemrosesan Data Pribadi. Sesuai dengan definisi tersebut, maka Kami dikategorikan sebagai Pengendali Data Pribadi. 

    Kebijakan Privasi ini beserta perubahan-perubahannya dari waktu ke waktu (“Kebijakan Privasi”) menjelaskan bagaimana Kami selaku Pengendali Data Pribadi melakukan pemrosesan Data Pribadi yang meliputi perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, perbaikan, pembaruan, penampilan, pengumuman, transfer, penyebarluasan, pengungkapan, penghapusan, dan/atau pemusnahan atas Data Pribadi Anda (untuk selanjutnya disebut sebagai “Pemrosesan Data Pribadi”) melalui penggunaan situs web, aplikasi dan/atau sistem (apabila ada), keikutsertaan program atau kegiatan promosi tertentu dari Kami dan/atau pihak ketiga yang bekerja sama maupun memiliki hubungan hukum dengan Kami (“Pihak Ketiga") baik secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring), serta melalui kegiatan, layanan, produk, dan fitur lainnya yang disediakan dalam situs web, aplikasi dan/atau sistem (apabila ada) (secara bersama-sama untuk selanjutnya disebut sebagai “Layanan”). 

    Kebijakan Privasi ini berlaku pada saat Anda: 

    1. menjadi pengguna Layanan atau nasabah Kami; dan/atau 
    2. menjadi (i) mitra bisnis, kontraktor, agen, dan/atau pemasok Kami, calon karyawan, karyawan dan/atau (ii) memiliki hubungan hukum dengan Kami untuk suatu tujuan tertentu. 

    (secara bersama-sama untuk selanjutnya disebut sebagai “Anda”). 

    Anda perlu membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini secara menyeluruh agar Anda dapat mengetahui dan memahami praktik Pemrosesan Data Pribadi dan pelindungan yang Kami lakukan terhadap Data Pribadi Anda. 

    B. Pernyataan dan Jaminan dari Anda sehubungan dengan Penyediaan Data Pribadi 

    Anda menyatakan dan menjamin: 

    1. bahwa Anda telah membaca serta memahami keseluruhan dari Kebijakan Privasi ini; 
    2. mengenai keaslian, kelengkapan, dan keakuratan Data Pribadi yang Anda sampaikan kepada Kami; dan 
    3. bahwa Anda memahami seluruh ketentuan Kebijakan Privasi ini dan Pemrosesan Data Pribadi yang Kami lakukan berdasarkan Kebijakan Privasi ini. 

    Dalam kondisi tertentu, Anda dapat memberikan Data Pribadi dari perseorangan lain (seperti Data Pribadi dari pasangan yang sah, anggota keluarga, maupun pihak lainnya (termasuk pihak yang Anda wakilkan)) kepada Kami. 

    Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan eksplisit secara sah dari perseorangan tersebut selaku subjek Data Pribadi, dan dengan ini, Anda memahami bahwa Kami mengandalkan pernyataan dan jaminan dari Anda untuk melaksanakan Pemrosesan Data Pribadi dari perseorangan/pihak yang bersangkutan. Kami tidak bertanggung jawab apabila Data Pribadi yang Anda sediakan, khususnya Data Pribadi dari perseorangan lain, didapatkan secara melawan hukum. Kami dapat meminta bukti dari persetujuan tersebut kepada Anda setiap saat sebagaimana diperlukan. 

    C. Jenis Data Pribadi Anda yang Dikumpulkan dan Tata Cara Pengumpulannya 

    Jenis Data Pribadi dari Anda yang dikumpulkan bergantung pada tujuan Pemrosesan Data Pribadi yang hendak dicapai. Data Pribadi yang dikumpulkan pada dasarnya adalah sebagai berikut: 

    1. Data identitas termasuk nama, foto, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, dan kartu identitas beserta Data Pribadi di dalamnya (di antaranya yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor paspor). 
    2. Data Kontak termasuk alamat email dan nomor telepon. 
    3. Data Keuangan termasuk rekening bank dan/atau alat pembayaran yang digunakan dalam bertransaksi untuk penyediaan Layanan, data penilaian kredit (credit scoring), dan riwayat keuangan. 
    4. Data Perangkat termasuk data perangkat yang mencakup jenis/model perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan, alamat protokol internet (IP) dan data lokasi geografis (geolocation, sebagaimana diperlukan untuk penyediaan Layanan), dan cookies (guna mempersonalisasi setiap informasi yang termasuk sebagai Data Pribadi yang digunakan untuk mengakses Layanan serta sebagaimana Anda dapat mengatur cookies Anda melalui pengaturan browser Anda tetapi pilihan ini dapat membatasi kecepatan/kualitas Layanan). 
    5. Data pribadi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

    Data Pribadi yang dikumpulkan sebagaimana di atas diberikan oleh Anda secara langsung atau secara tidak langsung oleh Pihak Ketiga, antara lain melalui pengisian formulir, penyerahan dokumen elektronik maupun non-elektronik, pemindaian kode QR (quick response), mengunggah data melalui situs web, aplikasi dan/atau sistem, mengisi survei online, atau melalui media lainnya yang berkaitan dengan Layanan, misalnya ketika Anda mendaftar untuk mengakses/mendapatkan dan/atau menggunakan Layanan (termasuk dalam hal Anda menghubungi Kami), ketika Anda menghadiri acara-acara yang Kami atau Pihak Ketiga selenggarakan baik secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring) (termasuk pada saat keikutsertaan Anda pada program promosi), mengikuti penggalangan dana (donasi), serta melalui kegiatan, layanan, produk dan/atau fitur lainnya maupun bersumber dari Pihak Ketiga misalnya pihak ketiga terkait pelaksanaan proses Customer Due Diligence (CDD) maupun dalam konteks lain untuk mencapai tujuan Pemrosesan Data Pribadi (termasuk dari sumber data yang tersedia bagi umum atau disediakan oleh lembaga pemerintahan yang berwenang). Dengan demikian, atas hal tersebut Kami dibebaskan dan berhak untuk mendapatkan ganti rugi dari setiap klaim atau pertanggung jawaban atas Pemrosesan Data Pribadi apapun yang Kami buat atau lakukan berdasarkan cara pengumpulan Data Pribadi sebagaimana dinyatakan sebelumnya. 

    D. Pemrosesan Data Pribadi Anda 

    1. Pelaksanaan Pemrosesan Data Pribadi Anda adalah untuk tujuan antara lain: 
    2. Menyediakan dan memproses Layanan kepada Anda yang meliputi: 
    3. Membuka dan mengelola rekening digital Anda; 
    4. Menyediakan Layanan dan informasi mengenai Layanan (termasuk perubahan terkaitnya dari waktu ke waktu); 
    5. Melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk penerapan Customer Due Diligence (CDD) dan penerapan Program Anti Pencucian Uang Pencegahan Terorisme dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal sehubungan dengan penyediaan Layanan kepada Anda; 
    6. Menanggapi dan menyelesaikan permintaan dari Anda sehubungan dengan penyediaan Layanan;  
    7. Melakukan modifikasi, meningkatkan, dan/atau mengembangkan Layanan, termasuk pembaruan dan/atau penyesuaian pada aplikasi/sistem terkait Layanan; dan/atau 
    8. Memenuhi kebutuhan lainnya sebagaimana diperlukan. 
    9. Melaksanakan dan meningkatkan kegiatan operasional, serta memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang meliputi: 
    10. Melakukan penelitian dan studi terkait penyediaan Layanan, termasuk menghasilkan data analitik yang dihasilkan melalui analisis data dan/atau pola penggunaan untuk tujuan penelitian, analisis, pengujian, pengembangan produk, dan kerja sama dengan Pihak Ketiga; 
    11. Melakukan proses pembayaran dan penagihan atas penyediaan Layanan 
    12. Melakukan kegiatan sehubungan dengan akuntansi, audit, perpajakan, dan rekonsiliasi terkait penyediaan Layanan, serta proses administrasi internal; 
    13. Melaksanakan kewajiban berdasarkan perjanjian kepada Anda dan/atau kepada Pihak Ketiga terkait (termasuk namun tidak terbatas pada vendor dan mitra);   
    14. Mencegah, mendeteksi, menyelidiki segala transaksi yang mencurigakan, tindak pidana, atau kegiatan yang dilarang termasuk berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bentuk pengelolaan manajemen risiko; 
    15. Berkomunikasi dengan Anda melalui berbagai media, termasuk untuk menanggapi pertanyaan, komentar, atau keluhan; 
    16. Memproses partisipasi Anda dalam setiap kegiatan produksi, kontes, permainan, promosi, jajak pendapat maupun survei; 
    17. Melakukan kegiatan internal lainnya yang diperlukan untuk menyediakan Layanan, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
    Bank Jasa Jakarta

    PT Bank Saqu Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp2 Miliar. Untuk mengetahui Tingkat Bunga Penjaminan LPS, silakan akses di sini.

    TUV

    Navigasi

    • Bantuan
    • Biaya & Tarif
    • Suku Bunga Dasar Kredit
    • Laporan
    Navigasi
    • Bantuan
    • Biaya & Tarif
    • Suku Bunga Dasar Kredit
    • Laporan

    Tata Kelola Perusahaan

    • Whistleblowing System
    Tata Kelola Perusahaan
    • Whistleblowing System

    Cerita Bank Saqu

    • Tentang Kami
    • Berita
    • Blog
    Cerita Bank Saqu
    • Tentang Kami
    • Berita
    • Blog

    Legalitas

    • Syarat & Ketentuan
    • Kebijakan Privasi
    • Riplay
    • Prosedur Pengaduan Nasabah
    Legalitas
    • Syarat & Ketentuan
    • Kebijakan Privasi
    • Riplay
    • Prosedur Pengaduan Nasabah
    TUV & KAN

    Copyright © 2025 PT Bank Saqu Indonesia. All Rights Reserved.