Musim liburan akhir tahun bukan hanya waktu untuk bersantai dan bersenang-senang, melainkan juga saat yang membutuhkan kewaspadaan tambahan terutama dalam menjaga kode keamanan informasi keuangan kamu.
Dalam hal ini, menjaga keamanan kode OTP adalah langkah penting untuk melindungi informasi keuangan kamu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Baca juga: Akhir Tahun Tiba, Yuk Bijak Bertransaksi Biar #LiburanAman
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu para Warga Bank Saqu agar dapat menjaga keamanan kode keamanan atau OTP selama musim liburan akhir tahun.
Perbarui Informasi Keamanan
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan untuk memperbarui informasi keamanan akun bank. Sebaiknya, kamu mengganti kata sandi secara berkala dan pastikan kata sandi yang kamu gunakan sulit ditebak orang lain serta menggunakan kombinasi antara huruf dan angka.
Amankan Perangkat kamu
Pastikan perangkat yang kamu gunakan untuk bertransaksi dengan bank dilindungi dengan kata sandi atau fitur keamanan biometrik. Jika perangkat ini hilang atau dicuri, lapisan keamanan ini akan melindungi informasi sensitif kamu, termasuk kode OTP.
Di Bank Saqu, kamu bisa mengaktifkan fitur keamanan biometrik.
Caranya pun mudah, dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
- Login aplikasi Bank Saqu
- Buka menu “Akun Saya” dan klik “Pengaturan”
- Aktifkan biometrik “Aktifkan Face ID” dengan mengklik tombol toggle hingga berubah menjadi biru.
Gunakan Koneksi Aman
Selama musim liburan, kamu mungkin akan melakukan banyak transaksi atau aktivitas perbankan secara online. Pastikan untuk menggunakan koneksi internet yang aman, terutama ketika bertransaksi.
Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi umum yang tidak aman untuk menghindari potensi risiko keamanan.
Jaga Kerahasiaan Kode OTP
Kode OTP adalah kunci untuk mengakses akun bank kamu. Pastikan untuk tidak pernah memberikan kode OTP kepada siapa pun, termasuk melalui telepon atau email yang biasanya hal ini merupakan jenis phishing.
Bank tidak akan pernah meminta kamu memberikan kode OTP melalui saluran komunikasi tersebut.
Hubungi Contact Center jika menemukan hal mencurigakan
Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memverifikasi setiap komunikasi. Jika menemukan yang tampak mencurigakan, kamu bisa menghubungi contact center resmi terkait.
Di Bank Saqu, kamu bisa menghubungi Contact Center yang akan selalu siap 24/7 membantu kamu jika mengalami situasi ini melalui saluran sebagai berikut:
- Telepon: 1500388 / 021-15003388
- Email: dibantu@banksaqu.co.id
Itulah lima tips agar kamu menjadi #KonsumenCerdasPEKABertransaksi. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas perbankanmu secara aman dan memastikan bahwa informasi keuangan kamu tetap terlindungi pada masa liburan akhir tahun ini.
Happy New Year, Warga Bank Saqu!